Apakah diare adalah penyakit yang serius?


Diare dapat menjadi penyakit yang serius pada anak jika pengobatan yang tepat  waktu dan tepat guna tidak diberikan. Ini adalah salah satu masalah kesehatan terbesart di Negara-negara berkembang seperti India dan Indonesia. Diare juga penyebab utama kematian dan malnutrisi pada anak kecil.
Dehidrasi dan malnutrisi adalah dampak yang paling berat dari diare. Keduanya dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat jika tidak diobati dengan benar. Jika pengobatan yang benar dan tepat waktu tidak diberikan, anak Anda dapat kehilangan 10-15% berat badan pada setiap episode diare. Hilangnya berat badan dapat menyebabkan malnutrisi atau kekurangan gizi. Malnutrisi itu sendiri dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena lebih banyak episode diare. Oleh karena itu, diare dan malnutrisi dapat menjadi suatu lingkaran setan. Sekitar 25% anak-anak dengan diare berisiko  terkena malnutrisi. Malnutrisi memiliki beberapa dampak negative jangka panjang pada kesehatan anak. Kotak 2 memuat hubungan antara malnutrisi dan diare.
Sekitar 30% kematian pada anak-anak balita di Negara-negara berkembang disebabkan oleh diare. Dari semuanya, sekitar 25% kemnatian disebabkan oleh diare persisten dan 15% oleh disentri.
1.malnutrisi meningkatkan risiko dan tingkat keparahan diare karena :
  • Diare berlangsung lebih lama pada anak yang kurang gizi.
  • Dehidrasi dan berkurangnya berat badan lebih umum terjadi pada anak yang kurang gizi.
  • Risiko kematian akibat dehidrasi adalah 15-20 kali lebih besar pada anak yang kurang gizi dibandingkan pada anak yang sehat.
2.  diare dapat menyebabkan atau memperburuk bentuk ringan dari malnutrisi karena :
  • Diare menyebabkan buruknya penyerapan makanan pada usus.
  • Diare sering menyebabkan menurunnya nafsu makan.
  • Banyak ibu tidak memberikan cukup makanan kepada anak selama diare karena keyakinan bahwa meningkatkan asupan makanan akan memperburuk diare.
Jadi memang diare tidak bisa dianggap sebagai penyakit sepele, dan diare parah harus ditangani dengan serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar