Bunyi Tsunami, Fenomena Bunyi Tsunami


Fenomena Bunyi tsunami adalah salah satu hal dari rentetan kejadian gempa. Selain menimbulkan goncangan, gempa bumi juga menghasilkan gelombang bunyi. Gelombang ini disebut sebagai T-phase dan menghasilkan bunyi yang diciptakan oleh gerakan dasar laut.
Pada masa perang dingin, pihak militer Amerika Serikat pernah membuat perangkat mikrophon bawah air yang disebut hidrofon. Alat ini berguna untuk menentuikan titik-titik penceburan peluru kendali yang sedang dicoba oleh Negara-negara lain. Akhirnya, uji coba ini dikembangkan oleh para ilmuwan untuk menentukan bunyi yang ditimbulkan oleh gempa bumi. Berdasarkan penelitian ternyata pada rentang frekuensi tertentu (10-35 Hz), kekuatan T-phase yang terkeras (energy terbesar)diasilkan oleh gempa bumi yang menimbulkan tsunami yang sangat berisikdi bawah air, seakan-akan dasar laut sedang menangis keras dengan teriakn bernada tinggi.
Tampaknya ini merupakan jalan yang sangat menjanjikan bagi penelitian untuk menentuukan kapan tsunami timbul. Sayangnya, T-phase juga sangat terpengarug oleh bentuk dasar laut ketika gelombang suara merambat dari sumbernya ke perangkat hidrofon. Pulau-pulau, bagian dari benua , gunung dan pegunungan bawah air dengan kuat mempengaruhi T-phase, menjadikan interpretasinya sangat sulit dan memerlukan tempat khusus. Sehingga bunyi tsunami ini juga menjadi gimana gitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar