Sosialisasi gempabumi anak-anak

Sosialisai pada anak-anak tentang gempa bumi dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan yang sederhana tentang berbagai macam bentuk bencana alam. Ini penting agar anak tidak mendapatkan informasi yang salah sehingga mereka tidak panic. Langkah-langkah antisipasi yang ditempuh antara lain:
Buatlah rencana keluarga saat menghadapi bencana, termasuk di dalamnya bagaimana menghadapi gempa bumi. Buatlah perencanaan khusus mengenai gempa bumi. Pelajari kasus-kasus gempa bumi yang terjadi di sekitar kita. Hubungi Badan Meteorologi dan Geofisika, kantor Palang Merah Indonesia, dan pihak-pihak terkait , untuk menanyakan kasus yang berhubungan dengan gempa bumi.
Perlu melakukan latihan menghadapi gempa bumi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi rasa takut saat terjadi gempa, sehingga terhindar dari kecelakaan yang fatal.
Tentukan dan jelaskan pada anak-anak tempat yang aman baik di rumah / di sekolah. Begitu pula tempat aman di dalam dan di luar bangunan, dan berikan pemahaman pada anak bahwa tempat tersebut dapat dipakai untuk berlindung saat terjadi gempa bumi.
Sampaikan pada anak bila terjadi gempa bumi, sementara ia berada di dalam rumah/ ruang kelas, maka yang harus pertama kali dilakukan adalah bersikap tenang, lalu mencari bagian/ ruang yang aman sehingga tidak tertimpa perabot rumah tanggaseperti lemari, dan mencari meja yang kokoh untuk berlindung di bawahnya hingga keadaan menjadi tenang. Bila keadaan sudah tenang, barulah dapat keluar ruangan setelah mendapatkan sosialisasi gempa bumi bagi anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar