Gelombang tepi, pengertian gelombang tepi tsunami


Gelombang tepi adalah gelombang kecil yang sampai ke pantai. Terkadang, gelombang ini dianggap sebagi kewajaran oleh penduduk sekitar pantai, tetapi tanpa disadari beberapa jam kemudian dengan secara tak terduga daerah tersebut dibanjiri oleh gelombang-gelombang tsunami yang lebih besar.
Berikut beberapa kejadian tsunami yang diawali dengan adanya gelombang tepi:
Pada tanggal 25 April 1992, gempa bumi berkekuatan 7,1 skala Richter terjadi di pantai California bagian utara, dekat tanjung Mendocino. Dengan terangkatnya dasar laut maka timbulah tsunami. Gelombang-gelombang tsunami kecil tercatat di sepanjang pantai-pantai California dan Oregon dan hingga sejauh Hawai.
Di Trinidad, sekitar 96 km utara episentrum, dua orang nelayantelah begitu dekat dengan tsunami. Yang seorang berusaha meluncurkan perahunya dari trailer mobilnya ketika “gelombang setinggi 1,8 meter meluap hingga di bawah mobilnya.” Nelayan kedua berusaha menaikkan perahunya ke atas trailernya ketika gelombang menggenangi perahunya. Maka, dengan terpaksa kedua nelayan itu harus menarik mobil dan dan trailernya ke luar dari pasir. Jadi gelombang tepi terkadang cukup penting untuk diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar