Penyebab Diare


Penyebab Diare dapat disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. Parasit adalah makhluk hidup yang hidup dari atau di dalam makhluk hidup lainnya. Mereka mendapat nutrisi dan keuntungan lainnya dengan memberikan dampak buruk pada makhluk hidup yang menjadi inang mereka. Beberapa jenis cacing dapat hidup sebagai parasit di dalam usus  kita dan menyebabkan gejala-gejala seperti diare.
Virus penyebab diare meliputi:
  • Rotavirus :ini adalah penyebab utama dalam usia dua tahun pertama. Ini adalah penyebab paling penting dari diare parah yang mengancam nyawa pada anak-anak kecil.
  • Virus Norwalk: virus ini menyebabkan muntah-muntah dan diare pada anak-anak yang lebih besar
Bakteri penyebab diare meliputi:
  • E.Coli: ini adalah penyebab penting dari diare  cair akut pada orang dewasa dan anak-anak. Bakteri ini biasanya menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi.
  • Vibrio cholera: bakteri ini menyebabkan kolera. Diarenyua bisa parah, menyebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi dalam waktu beberapa jam, jika cairan dan garam-garam yang hilang tidak segera diganti.
  • Campylobacter jejuni: bakteri ini biasanya menyebabkan diare pada bayi. C. Jejuni juiga menginfeksi hewan, terutama ayam dan anjing. Bakteri ini tersebar melalui kontak dengan tinja yang terinfeksi atau konsumsi makanan, susu atau air yang terkontaminasi. Sekitar dua pertiga bayi yang terinfeksi C.Jejuni mengalami diare cair sedangkan  yan g lainnya mengalami disentri.
  • Shigella: ini adalah penyebab diare yang paling umum. Bakteri ini juga menyebabkan diare cair. Shigella lazimnya menyebar melaluio transmisi dari orang ke orang.
  • Salmonella: kebanyakan infeksi yang disebabkan oleh salmonella disebabkan oleh konsumsi produk hewani yang terkontaminasi. Bakteri ini biasanya menyebabkan diare cair, tetapi juga dapat menyebabkan disentri.
  • Bakteri lain yang dapat menyebabkan diare mencakup staphylococcus, Bacillus cireus, dan lain-lain.
Parasit penyebab diare mencakup:
Cryptosporidium: parasit ini biasanya menyebabkan penyakit pada bayi dan orang yang mekanisme pertahanan alami tubuhnya buruk. Anak-anak yang sudah lebih besar dan orang dewasa normalnya memiliki investasi asimtomatik. Itu berarti, parasitnya tidak menyebabkan gejala apa pun.
Entamoeba histolytica: parasit ini menyebabkan amebiasis dan biasanya menjangkiti anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa. Infestasi ini biasanya dideteksi melalui pemeriksaan tinja di laboratorium. Parasit ini menyebabkan disentri.
Giardia lamblia: parasit ini menyebabkan giardiasis pada anak kecil. Parasit ini juga dapat menyebabkan diare persisten. Giardiasis dapat dideteksi melalui pemeriksan tinja.
Jadi demikian tadi berbagai macam penyebab diare.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar